Saturday, March 26, 2011

BENANG AJAIB

           Di dalam sebuah bukunya, William J. Bennett menyampaikan sebuah cerita yang diberi judul "Benang Ajaib". Cerita ini merupakan dongeng yang berasal dari Perancis yang menceritakan seorang anak laki-laki yang bernama Peter. Ia merupakan anak laki-laki yang kuat dan cakap, tetapi dia punya sifat yang tidak sabaran dalam banyak hal khususnya dalam mencapai keinginan-keinginannya. suatu har, dalam perjalanannya di hutan ia bertemu dengan seorang wanita tua yang kemudian memberikan suatu barang berupa bola perak. dari dalam bola perak itu, timbul sebuah benang emas kecil. sang wanita mengatakan dengan bola itu akan terdapat kesempatan yang menggiurkan yaitu kesempatan untuk melewatkan waktu-waktu yang membosankan dalam hidup kita. sang wanita kemudian memberikan pesan khusus : jika benang itu ditarik maka Peter akan melewatkan waktu yang sedang dijalaninya, tapi waktu tersebut tidak dapat kembali lagi. jadi yaa kalo benangnya ditarik waktu itu secara otomatis akan terlewatkan untuk selamanya. peter kemudian menerima bola perak tersebut.
         Setelah menerima bola perak tersebut, peter luar biasa senang sekali karena dia punya alat untuk mempercepat waktu. kalau dia merasa bosan dia bisa langsung mempergunakan bola itu. keesokan harinya merupakan hari pertama peter mengggunakan bola tersebut. hal itu terjadi di sekolahnya ketika dia merasa bosan dengan pelajaran yang diberikan gurunya. oleh karena sifatnya yang tidak sabar itu, dia kemudian menarik bola emas tersebut dan waktu berlalu, jam sekolah selesai. peter sangat menikmati hal tersebut. oleh karena kenikmatan yang dirasakannya ketika ia menggunakan bola tersebut, Peter meneruskan pola kehidupan seperti itu. ia melakukan pola menggunakan bola perak itu untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan ketika ia mengenal seorang gadis ia kemudian menggunakan bola tersebut untuk mempercepat pertunangan dan kemudian menikahi gadis tersebut. dan ketika sudah berkeluarga ia tetap menggunakan benang tersebut. jika anaknya menangis dia tarik benang itu, ketika punya masalah dalam keluarga seperti masalah keuangan, ia melewatkan masa itu dengan menarik benang tersebut.
        Peter terus melakukan pola seperti itu sampai akhir hidupnya. ketika ia merasa bosan, memiliki permasalahan, ia menggunakan bola tersebut untuk memperoleh keadaan yang kembali nyaman dan sesuai keinginannya. hmm,, kalau dipikir-pikir sekilas,, nikmat sekali yaa hidup peter.
          Tetapi pikiran seperti itu harus segera dibuang jauh-jauh, karena masih ada kelanjutannya lagi. ketika tiba di akhir hidupnya, peter merasakan kekosongan dalam hidupnya. dengan membiarkan perasaan tidak sabar dan tidak bisa mengendalikan dirinya dalam menjalani hidupnya, akhirnya banyak sekali kenangan dan waktu-waktu berharga yang seharusnya dijalani oleh peter,terbuang karena ia memakai bola perak tersebut.
          Walaupun ini hanya sekedar dongeng, tapi ini cukup inspiratif dan mengingatkan kita untuk memakai senjata kesabaran dalam menjalani hidup kita. mungkin tidak semua keinginan kita bisa tercapai pada waktu yang kita harapkan, mungkin hidup kita tidak selalu dalam keadaan enak. tetapi semuanya akan jadi kenangan dan pelajaran berharga buat kita.waktu yang kita jalani tidak bisa diputar kembali !! nikmati waktu yang kita miliki dan keadaan yang kita hadapi :)
           Sebuah kata-kata penutup dari Bennett : "Terlalu sering, orang-orang mengingingkan apa yang mereka inginkan (atau apa yang mereka rasakan mereka inginkan, yang lazimnya berupa berbagai bentuk "kebahagiaan") saat ini juga. Ironi dari ketidaksamaan mereka adalah bahwa hanya dengan belajar menunggu, dan dengan kemauan untuk menerima hal yang buruk bersama hal yang baiklah biasanya kita akan bisa mencapai hal-hal yang sungguh-sungguh berharga"




"Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya"
Pengkhotbah 3:1


No comments:

Post a Comment